Oleh : Yuliana P.R.
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk
jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar”
yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Beberapa ahli memberikan definisi tentang media
pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah
teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran
adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku,
film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi
dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat
dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau
ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan,
manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan
pembelajaran
/ pelatihan.
Media
Pembelajaran mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas, sehingga mempermudah
siswa dalam memahami pesan tersebut.
2. Mengatasi
keterbatasan ruang waktu dan daya indera.
3. Menarik
perhatian siswa dalam proses belajar mengajar.
4. Menimbulkan
gairah belajar pada siswa.
5. Memungkinkan
terjadinya interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan
dan kenyataan.
6. Memungkinkan
anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
7. Mempersamakan
pengalaman dan persepsi antar siswa dalam menerima pesan.
Dapat disimpulkan, bahwa media pengajaran adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan dari pengirim
pesan atau guru kepada penerima pesan (siswa) dan dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga terjadi proses
belajar mengajar yang mempermudah siswa dalam memahami pesan.
Media pembelajaran juga mempunyai beberapa manfaat , sbb :
- Meletakkan dasar-dasar yang konkret dalam berfikir
- Memperbesar perhatian siswa dalam proses belajar mengajar
- Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan proses belajar mengajar dan membuat pelajaran yang mantap
- Menumbuhkan pemikiran yang teratur, lentur dan continue terutama melalui gambar hidup membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa
- Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Media
pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentu tidak akan digunakan seluruhnya
secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk
itu perlu di lakukan pemilihan media. Dalam pemilihan media pembelajaran perlu
dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media.
Beberapa kriteria yang perlu
dipertimbangkan oleh guru untuk memilih media pembelajaran, antara lain sbb :
- Ketepatan media dengan tujuan pembelajaran
- Keefektifan
- Karakteristik peserta didik ( kemampuan/taraf berpikir, pengalaman, menarik
- Ketersediaan media
- Kualitas teknis
- Biaya pengadaan
- Fleksibilitas dan kenyamanan media (dapat digunakan dalam berbagai situasi dan pada saat digunakan tidak berbahaya )
- Alokasi waktu
Dalam penggunaan media
pembelajaran juga perlu diperhatikan tentang kemampuan dan kreatifitas guru, agar pembelajaran tidak monoton dan tercapailah
Pembelajaran yang Aktif , Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Sebaik-baiknya media
apabila tidak disertai dengan skill tenaga pendidik/guru maka penyampaian bahan
ajar melalui media tidak akan berjalan maksimal.
Maka dari itu, jadilah guru yang kreatif dan inovatif !
Sekian ^__^
0 komentar:
Posting Komentar